Langsung ke konten utama

Arti Jurusan Otomasi



PENGERTIAN TEKNOLOGI REKAYASA OTOMASI/TEKNIK OTOMASI?
Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi  ??? Apa sih jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi  itu ??? Apakah jurusan Tersebut relevan dengan perkembangan zaman saat ini??? Bagi kamu masih bingung dan penasaran mengenai jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi simak penjelasan berikut yuk !
Teknologi Rekayasa Otomasi   atau biasa disebut Teknik Otomasi adalah suatu jurusan teknik yang menerapkan sistem pengajaran yang mengarah ke bidang perakitan sistem" di dunia industri yang berbasis otomatis/automatic. Di dalam jurusan ini diharapkan para mahasiswa dan mahasiswi dapat merakit, memperbaiki, dan merawat mesin" di industri yang sesuai dengan kebutuhan. Di luar negeri biasa disebut Automation Engineer.
Otomasi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari otomatisasi perangkat/sistem, dan pemanfaatan sistem kontrol seperti halnya komputer yang digunakan untuk mengendalikan mesin-mesin industri dan kontrol proses untuk menggantikan operator tenaga manusia. Industrialisasi itu sendiri merupakan tahapan dalam pelaksanaan mekanisasi, dimana konsep mekanisasi tetap mesin-mesin industri dilakukan manusia sebagai operator dengan menempatkan mesin sebagai pembantunya sesuai dengan permintaan kerja secara fisik.
Agar lebih paham, bayangkan dalam pikiranmu sebuah Industri Perakitan Mobil. Kita lihat dalam sebagian proses produksi mobil menggunakan bantuan lengan lengan robot.Sedikit peran manusa disitu. Di bagian lain ada robot untuk pengecatan body mobil, pengelasan, untuk memindahkan satu kerangka mobil ke tempat produksi lain menggunakan Conveyor yang juga otomatis. Semua itu gambaran Otomatisasi Industri yang menjadi lahan pekerjaan seorang Sarjana Teknik Otomasi.
Contoh lain di PLN unit pembangkitan. Untuk mengontrol distribusi listrik dan mekanisme kerja pembangkitan di lapangan dilaksanakan melalui ruangan control. Ruangan kontrol berisi layar layar dan komputer serta beberapa orang yang mengamati berjalannya proses di monitor tersebut. ini yang disebut sebagai SCADA, suatu teknologi otomasi yang banyak digunakan saat ini. Bayangkan, untuk mengendalikan distribusi listrik se pulau jawa bali cukup dilakukan melalui sebuah layar monitor. 
Dan yang lagi populer sekarang adalah Industri 4.0. Konsep Industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif. Dengan cara itu sebuah Industri dapat kita pantau dan kendalikan dari jarak jauh dan secara Real-Time.
Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi tentu sangat relevan dengan perkembangan zaman yang lebih menekankan pada konsep serba otomatis. Bukan hanya belajar tentang disiplin ilmu seperti matematika, fisika, dan logika, Mahasiswa Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi juga harus terampil dalam mengolah program, software dan mekanika. Jadi gimana sobat ? tertarik dengan Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi :D


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Kuliah di Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi?

Hallo Sahabat Otomasi.... Kali ini admin ingin sharing ilmu dan pengalaman nihh ! Mengenai kuliah   di Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi itu kayak gimana sih? Mata kuliahnya apa aja sih? Kuy simaklah artikel dibawah ini Sesuai dengan nama dari Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi, pasti akan mempelajari bagaimana cara untuk sistem kerja suatu alat yang awalnya manual lalu dikembangkan menjadi otomatis atau biasa disebut proses otomatisasi. Untuk dapat melakukan proses otomatisasi tentu kita harus mengerti konsep dasar suatu alat, cara memperhitungkan sistem kerja dan logika program tersebut. Oleh karena itu dalam Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi, kegiatan/proses belajar dalam kuliah lebih menekankan pada dasar ilmu Fisika, Matematika dan Logika.  adapun beberapa kompetensi yang di ajarkan di bidang otomasi industri: 1. Instalasi Penerangan 2. Elektronika Digital dan Analog 3. Mekanik Elektronik 4. Pengukuran Besaran Listr

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi

Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi   merupakan program studi yang secara umum mempelajari tentang teknik-teknik untuk membuat sebuah otomatisasi mesin industri / mesin automatis untuk mengerjakan atau memproduksi suatu hal dengan mudah dan efisien. Nantinya, lulusan dari program studi ini akan bekerja di berbagai bidang yang bersangkutan dengan industri yang berbasis otomatisasi. Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai program mata kuliah seperti : Teknologi mekanik, Mesin, Peralatan Industri, Teknologi Ielektronika, Teknologi Informatika dan lain sebagainya. Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan ini : 1. Perusahaan Manufaktur Di perusahaan-perusahaan manufaktur yang notabene membutuhkan berbagai jenis mesin otomatis untuk mempermudah pembuatan produk yang mereka inginkan tentu akan membutuhkan pegawai yang bisa menggunakan, mengontrol dan melakukan pengecekan setiap saat agar mesin dapat bekerja dengan baik. Lulusan Otomasi Industri bis

Apa itu SCADA ? Apa hubungan SCADA dengan Otomasi Industri ?

Apa Itu SCADA? Apa hubungan SCADA dengan Otomasi Industri ? SCADA  merupakan singkatan dari  Supervisory Control and Data Acquisition . SCADA merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan informasi atau data-data dari lapangan dan kemudian mengirimkan-nya ke sebuah komputer pusat yang akan mengatur dan mengontrol data-data tersbut. Sistem SCADA tidak hanya digunakan dalam proses-proses industri, misalnya, pabrik baja, pembangkit dan pendistribusian tenaga listrik (konvensional maupun nuklir), pabrik kimia, tetapi juga pada beberapa fasilitas eksperimen seperti fusi nuklir. Dari sudut pandang SCADA, ukuran pabrik atau sistem proses mulai dar 1.000an hingga 10.000an I/O (luara/masukan), namun saat ini sistem SCADA sudah bisa menangani hingga ratusan ribu I/O. Beberapa contoh penerapan SCADA dalam Industri,seperti: ·          proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik. ·          proses infrastruktur:  penjernihan air  minum dan distribusinya, pe