Langsung ke konten utama

Bagaimana Kuliah di Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi?


Hallo Sahabat Otomasi....
Kali ini admin ingin sharing ilmu dan pengalaman nihh !
Mengenai kuliah  di Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi itu kayak gimana sih? Mata kuliahnya apa aja sih? Kuy simaklah artikel dibawah ini

Sesuai dengan nama dari Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi, pasti akan mempelajari bagaimana cara untuk sistem kerja suatu alat yang awalnya manual lalu dikembangkan menjadi otomatis atau biasa disebut proses otomatisasi. Untuk dapat melakukan proses otomatisasi tentu kita harus mengerti konsep dasar suatu alat, cara memperhitungkan sistem kerja dan logika program tersebut. Oleh karena itu dalam Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi, kegiatan/proses belajar dalam kuliah lebih menekankan pada dasar ilmu Fisika, Matematika dan Logika. adapun beberapa kompetensi yang di ajarkan di bidang otomasi industri:

1. Instalasi Penerangan
2. Elektronika Digital dan Analog
3. Mekanik Elektronik
4. Pengukuran Besaran Listrik
5. Penerapan K3 / Keselamatan Kerja
6. Ilmu Dasar Listrik
7. Instalasi Tenaga
8. Elektromagnetik
9. Perakitan dan Control PLC
10. Microprosesor dan Microcontrol
11. Pengendali Relay
12. Contol Pneumatic dan Electropneumatic
13. Control SCADA dan HMI
14. Perakitan Panel PLC dan Electromagnetik
15. Perbaikan dan Perawatan Komponen Listrik 

Dengan menguasai dasar ilmu itu, penerapan konsep otomatisasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Berikut ini akan admin bagikan  penjelasan mata kuliah yang admin tempuh selama  semester 1 dan 2 nihh...
SEMESTER I
Bahan-Bahan Listrik  
Sesuai dengan judulnya pembahasan pada mata kuliah ini mengacu pada bahan-bahan/komponen-komponen yang digunakan pada rangkaian listrik untuk menunjang kegiatan otomasi. Contoh bahan/komponen yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah resistor, dioda, transistor, dll.

Teknologi Mekanik/Mekatronika
Mata kuliah teknologi mekanik mempelajari tentang alat yang digunakan dalam otomasi dan juga logika yang digunakan dalam pembuatan suatu rangkaian pada bidang otomasi rangkaian listrik. Contoh alat/mesin yang digunakan dalam hal otomasisasi adalah konveyor dan dalam membuatnya diperlukan sebuah alat yang dinamakan PLC sebagai otak dari mesin tersebut dalam pemrograman PLC diperlukan pemahaman tentang logika berpikir seperti AND, NAND, OR, NOR dll.
Teknologi Informasi

Dalam mata kuliah teknologi informasi ini hal-hal yang dipelajari adalah tentang komputer jaringan. Hal-hal yang ada dalam komputer jaringan dapat kita lihat dari segi perangkat keras (hardware) dan juga perangkat lunak (software). Dalam hardware banyak sekali jenisnya dari mulai keyboard sampai bagian dalam motherboard, sedangkan software mempelajari bagaimana sambungan sambungan pada data di internet dan juga jaringan yang dapat digunakan.

Matematika Teknik I  
Matematika teknik I mempelajari tentang dasar penggunaan aritmatika dan juga Aljabar dalam bidang teknik.

Fisika Teknik I
Fisika Teknik dalam hal ini mencakup hal-hal dasar dalam rumus fisika seperti vektor, kecepatan, jarak, dll. Dalam fisika teknik banyak rumus yang digunakan dalam berpikir tentang arus listrik , tegangan dan juga hambatan listrik yang ada dalam sebuah rangkaian.

Gambar Teknik
Mata kuliah ini membahas tentang cara-cara dalam pembuatan skema gambar untuk suatu bangunan/tempat untuk penempatan kabel, lampu maupun sumber listrik yang akan digunakan, Dengan menggunakan program autocad atau pun secara manual.

Elektronika Dasar
Sesuai dengan judulnya yang menggunakan kata “Dasar” maka dalam mata kuliah ini akan mengenalkan dasar-dasar dalam Elektronika dari mulai bahan yang digunakan, cara pembuatan rangkaian, arah arus listrik dll.


SEMESTER II



Intalasi Tenaga Listrik (ITL)
Mata kuliah instalasi tenaga listrik membahas lebih dalam tentang penggunaan listrik dan alat-alat apa saja yang digunakan dalam penunjang kegiatan dalam instalasi listrik, dalam mata kuliah ini juga membahas tentang UU yang mengatur tentang kelayakan instalasi pada rumah tangga ataupun pada industri yang besar.

Dasar-Dasar Instrumentasi (DDI)
Mata kuliah DDI mempelajari tentang tata cara penggunaan alat-alat ukur dalam bidang kelistrikan seperti multimeter dan juga cara membaca/mengukurnya dengan benar.

Algoritma dan pemograman
Hal-hal yang mencakup dalam Algoritma dan pemograman adalah tentang pembelajaran/kuliah perintah-perintah yang digunakan untuk membuat suatu program. Contohnya adalah program di sebuah kalkulator. Dalam algoritma, penghitungan seperti itu dijalankan dengan menggunakan program C++.

Matematika Teknik II
Kuliah ini adalah kelanjutan dari Matematika teknik I. Dalam kuliah matematika teknik II hal-hal seperti aritmatika dan juga aljabar perhitungan dipelajari lebih detail dan lebih banyak penerapan pada rangkaian.

Fisika Teknik II
Seperti halnya dalam matematika teknik II fisika teknik II adalah kelanjutan dari fisika teknik I. Hal yang dipelajari pun lebih kompleks tentang rumus-rumus fisika dalam penerapan di rangkaian listrik.

Teknologi Medan Elektromagnetik  
Mata kuliah yang satu ini membahas tentang teori yang dihasilkan dari medan elektromagnetik dan juga mempelajari pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Contoh : listrik dan dihasilkan dari perputaran pada dinamo.

Elektronika Analog(ELKA)
ELKA adalah kelanjutan dari Elektronika dasar yang ilmunya digunakan membuat suatu rangkaian dalam hal otomasisasi. Dalam elektronika analog hal hal yang dipelajari adalah komponen listriknya hingga pada pemasangan di rangkaian.

Teknik Kalibrasi dan Pengukuran
Dalam bidang listrik diperlukan adanya suatu alat ukur, Alat ukur yang baik adalah alat ukur yang sudah dikalibrasi dengan pas dan benar sesuai ketentuan. Maka di dalam otomasi ada mata kuliah teknik kalibrasi dan pengukuran yang ditujukan untuk menghitung kalibarsi suatu alat ukur dan juga menghitung dengan benar hasil yang tercatat pada alat ukur.
Gimana, mantap kan sobat ? tentu bagi kalian yang memiliki passion di kelistrikan/elektro, kalian yang suka pemograman dan kalian suka berlogika sangat cocok dengan jurusan ini ya hehehe...
Sekian dulu ya ! untuk semester berikutnya nanti bakal admin update lagi deh hehe...


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi

Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi   merupakan program studi yang secara umum mempelajari tentang teknik-teknik untuk membuat sebuah otomatisasi mesin industri / mesin automatis untuk mengerjakan atau memproduksi suatu hal dengan mudah dan efisien. Nantinya, lulusan dari program studi ini akan bekerja di berbagai bidang yang bersangkutan dengan industri yang berbasis otomatisasi. Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai program mata kuliah seperti : Teknologi mekanik, Mesin, Peralatan Industri, Teknologi Ielektronika, Teknologi Informatika dan lain sebagainya. Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan ini : 1. Perusahaan Manufaktur Di perusahaan-perusahaan manufaktur yang notabene membutuhkan berbagai jenis mesin otomatis untuk mempermudah pembuatan produk yang mereka inginkan tentu akan membutuhkan pegawai yang bisa menggunakan, mengontrol dan melakukan pengecekan setiap saat agar mesin dapat bekerja dengan baik. Lulusan Otomasi Industri bis

Apa itu SCADA ? Apa hubungan SCADA dengan Otomasi Industri ?

Apa Itu SCADA? Apa hubungan SCADA dengan Otomasi Industri ? SCADA  merupakan singkatan dari  Supervisory Control and Data Acquisition . SCADA merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan informasi atau data-data dari lapangan dan kemudian mengirimkan-nya ke sebuah komputer pusat yang akan mengatur dan mengontrol data-data tersbut. Sistem SCADA tidak hanya digunakan dalam proses-proses industri, misalnya, pabrik baja, pembangkit dan pendistribusian tenaga listrik (konvensional maupun nuklir), pabrik kimia, tetapi juga pada beberapa fasilitas eksperimen seperti fusi nuklir. Dari sudut pandang SCADA, ukuran pabrik atau sistem proses mulai dar 1.000an hingga 10.000an I/O (luara/masukan), namun saat ini sistem SCADA sudah bisa menangani hingga ratusan ribu I/O. Beberapa contoh penerapan SCADA dalam Industri,seperti: ·          proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik. ·          proses infrastruktur:  penjernihan air  minum dan distribusinya, pe