Langsung ke konten utama

Prospek Kerja Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi



Program Studi Teknologi Rekayasa Otomasi  merupakan program studi yang secara umum mempelajari tentang teknik-teknik untuk membuat sebuah otomatisasi mesin industri / mesin automatis untuk mengerjakan atau memproduksi suatu hal dengan mudah dan efisien. Nantinya, lulusan dari program studi ini akan bekerja di berbagai bidang yang bersangkutan dengan industri yang berbasis otomatisasi.

Semasa perkuliahan kamu akan mempelajari berbagai program mata kuliah seperti : Teknologi mekanik, Mesin, Peralatan Industri, Teknologi Ielektronika, Teknologi Informatika dan lain sebagainya.

Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan ini :

1. Perusahaan Manufaktur




Di perusahaan-perusahaan manufaktur yang notabene membutuhkan berbagai jenis mesin otomatis untuk mempermudah pembuatan produk yang mereka inginkan tentu akan membutuhkan pegawai yang bisa menggunakan, mengontrol dan melakukan pengecekan setiap saat agar mesin dapat bekerja dengan baik. Lulusan Otomasi Industri bisa menjadi tenaga kerja yang kompeten untuk melakukan hal tersebut.

Apalagi saat ini semakin banyak perusahaan manufaktur yang menggunakan mesin-mesin canggih dan bisa bekerja dengan otomatis. Kamu setelah lulus bisa bekerja di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur.





2. Perusahaan Pembangkit Listrik



Kamu setelah lulus juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan pembangkit listrik, seperti PLN contohnya yang mana terus mengembangkan sistem dan mesin-mesin yang baik dalam hal memproduksi listrik. Tentu saja mesin-mesin saat ini memerlukan otomasi agar bisa bekerja lebih baik dan effisien.



3. Perusahaan Minyak Gas dan Pertambangan



Lulusan-lulusan teknik memang mempunyai peluang bekerja di berbagai perusahaan pertambangan minyak dan gas yang membutuhkan mesin-mesin berteknologi tinggi. Kamu bisa bekerja sebagai engineer ataupun maintenance di perusahaan-perusahaan tersebut.



4. Akademik




Bagi kamu yang memiliki passion meneliti ataupun mengajar, kamu mungkin cocok untuk bergerak di bidang akademika dan bekerja sebagai dosen di berbagai perguruan tinggi yang bersangkutan dengan melanjutkan studi ke jenjang s2 atau yang lebih tinggi lagi sebelumnya.


5. Pemerintahan



Kamu juga bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan yang sesuai dengan kompetensi yang kamu miliki, salah satunya seperti di kementrian perindustrian, kementrian ESDM, Pekerjaan Umum dan lain sebagainya.



6. Wirausahawan



Kamu bisa saja jadi menjadi seorang pencipta alat atau mesin-mesin industri yang berkualitas, apalagi saat ini kita membutuhkan orang-orang dalam negeri yang bisa membuat terobosan untuk membuat produk mesin dalam negeri yang sampai saat ini kita belum bisa. Apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya isu technopreneurship dan dukungan pemerintah terhadap produk lokal semakin baik, menjadi peluang bagi kamu yang ingin berkarya setelah lulus kuliah nanti.


Tentu masih banyak lagi peluang kerja dari lulusan Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi / Teknik Otomasi ini, karena zaman yang semakin berkembang dengan prinsip otomatisasi. Jadi tetap semangat dan terus berlatih ya gaes, karena pekerjaan juga bergantung pada kemampuan serta keberuntungan hehehe....


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Kuliah di Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi?

Hallo Sahabat Otomasi.... Kali ini admin ingin sharing ilmu dan pengalaman nihh ! Mengenai kuliah   di Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi itu kayak gimana sih? Mata kuliahnya apa aja sih? Kuy simaklah artikel dibawah ini Sesuai dengan nama dari Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi, pasti akan mempelajari bagaimana cara untuk sistem kerja suatu alat yang awalnya manual lalu dikembangkan menjadi otomatis atau biasa disebut proses otomatisasi. Untuk dapat melakukan proses otomatisasi tentu kita harus mengerti konsep dasar suatu alat, cara memperhitungkan sistem kerja dan logika program tersebut. Oleh karena itu dalam Jurusan Teknologi Rekayasa Otomasi/Teknik Otomasi, kegiatan/proses belajar dalam kuliah lebih menekankan pada dasar ilmu Fisika, Matematika dan Logika.  adapun beberapa kompetensi yang di ajarkan di bidang otomasi industri: 1. Instalasi Penerangan 2. Elektronika Digital dan Analog 3. Mekanik Elektronik 4. Pengukuran Besaran Listr

Apa itu SCADA ? Apa hubungan SCADA dengan Otomasi Industri ?

Apa Itu SCADA? Apa hubungan SCADA dengan Otomasi Industri ? SCADA  merupakan singkatan dari  Supervisory Control and Data Acquisition . SCADA merupakan sebuah sistem yang mengumpulkan informasi atau data-data dari lapangan dan kemudian mengirimkan-nya ke sebuah komputer pusat yang akan mengatur dan mengontrol data-data tersbut. Sistem SCADA tidak hanya digunakan dalam proses-proses industri, misalnya, pabrik baja, pembangkit dan pendistribusian tenaga listrik (konvensional maupun nuklir), pabrik kimia, tetapi juga pada beberapa fasilitas eksperimen seperti fusi nuklir. Dari sudut pandang SCADA, ukuran pabrik atau sistem proses mulai dar 1.000an hingga 10.000an I/O (luara/masukan), namun saat ini sistem SCADA sudah bisa menangani hingga ratusan ribu I/O. Beberapa contoh penerapan SCADA dalam Industri,seperti: ·          proses industri: manufaktur, pabrik, produksi, generator tenaga listrik. ·          proses infrastruktur:  penjernihan air  minum dan distribusinya, pe